Pages

Tugas 1 : Autobiografi

5 Nov 2013
Aku, Astried Herera, lahir di Jakarta, tanggal 24 bulan April tahun 1993. Aku tinggal di Bekasi sejak lahir. TK, SD, SMP, SMA, dan kuliah di Bekasi pula. haha..

          Aku akan membagi pengalamanku saat berorganisasi. Aku aktif berorganisasi pada saat SMP. Karena waktunya yang cukup luang, aku mulai ikut mengajukan diri sebagai pengurus OSIS. Awalnya aku hanya ingin mendaftar sebagai anggota ekstrakurikuler, tetapi karena masukan dari teman-teman juga kakak kelas, aku tertarik untuk itkut menjadi anggota OSIS.

          SMP Jaya Bekasi, tepatnya tempat aku bersekolah. Sekolah berlandas ilmu islami (Yayasan Lembaga Islam) namun metode pengajaran dan kurikulum yang diajarkan sama seperti sekolah umum lainnya. Sejak SD, aku memang sudah ikut dalam kepengurusan di kelas. Sebagai bendahara ataupun sekertaris. Di SMP, aku juga terpilih sebagai sekertaris kelas. Aku mulai ikut ekstrakurikuler di sekolah. Seperti PMR, Pramuka, Pencak Silat, dan terakhir paduan suara. Aku termasuk anak yang aktif di sekolah. Maka dari itu, aku tertarik ikut dalam kepengurusan yang lebih luas lagi, yaitu menjadi anggota OSIS.

          Awalnya sulit, karena banyak tes yang harus aku ikuti. Tapi dengan kemauan dan kesungguhan, aku terpilih menjadi salah satu anggota OSIS. Tugasku adalah mengatur alat-alat olahraga, atau yang berhubungan dengan olahraga lainnya, karena aku juga aktif mengikuti kegiatan pencak silat, salah satu olahraga yang selalu kami adakan setiap minggunya di sekolah. Namun, kendala di OSIS saat itu adalah fasilitas yang kurang memadai, seperti ruang OSIS yang kecil membuat kami para anggota tidak sepenuhnya bisa menghadiri rapat bila ketua memanggil. Kami bergiliran mengawasi ruang. Karena di sekolahku dulu, kami bergilir masuk pagi dan juga masuk siang. Jika masuk pagi kami ke ruang OSIS siang dan sebaliknya. Efektifitas kerja juga semakin hari semakin kurang, jarang ada yang datang ke ruang OSIS untuk mengevaluasi hasil kerja. Namun OSIS sangat aktif di tahun ajaran baru, karena kami mengurus masa orientasi siswa untuk kelas VII. Pengalamanku sangat banyak saat itu. Aku juga belajar banyak dari sana, mulai dari berinteraksi bersama adik kelas, belajar mengajarkan dan membagi pengalaman berorganisasi, hingga bermain bersama-sama sampai kami tidak ada rasa canggung untuk mengungkapkan apapun itu.

          Kepengurusanku di OSIS saat itu mulai berganti karena aku naik kelas IX. Aku ingin berfokus untuk ujian nasional, jadi memutuskan untuk berhenti. Namun aku tak jarang mengunjungi teman-teman di OSIS hanya sekedar tau apa yang sedang dikerjakan dan apa yang sedang direncanakan kedepan. Kira-kira begitulah pengalamanku berorganisasi. Setelah lulus SMP dan menjadi siswi SMA aku mulai pasif berorganisasi. Karena kupikir belum menemukan ketertarikan dalam lingkungan keorganisasiannya. Sebenarnya aku ingin mengikuti banyak organisasi, namun karena banyak alasan salah satunya adalah waktu yang kurang membuatku mengurungkan niat mengajukan diri. Walaupun begitu aku tetap aktif dikelas dengan mengikuti kepengurusan kelas. Aku menjadi sekertaris kelas saat itu.

          Waktu terus berjalan dan akhirnya aku lulus SMA. Banyak kenangan selama aku bersekolah. Dari SD, SMP, hingga SMA. Aku banyak bertemu dengan teman-teman yang baik. Itu cukup membuatku senang, karena waktu bersama dengan teman-teman sangatlah indah. Berkumpul sambil bercerita, tertawa hingga kadang menangis saat cerita itu termasuk pengalaman yang menarik.

          Saat ini aku kuliah di Universitas Gunadarma. Sebelumnya aku juga tertarik untuk mengikuti keorganisasian di kampus. Aku sempat mewakili kelas untuk mengikuti berbagai kegiatan. Namun karena waktu yang sangat menyita aku berhenti dan berfokus dengan kuliah saja pikirku. Aku juga mencoba melamar menjadi anggota lab menjadi asisten, namun sayang aku belum diterima dan gagal menjadi salah satu anggota. Tak apalah, hitung-hitung menambah pengalaman… hehe.


          Waktu memang sangat cepat berlalu. Aku sudah menjadi mahasiswi semester 5. Semoga aku dan teman-teman bisa menjalaninya dengan mudah hingga kami bisa lulus bersama-sama. Amiiin… Tujuanku sekarang hanya ingin bisa mendapat hasil sebaik-baiknya dan bisa mengembangkan hasil baik itu menjadi hal yang positif, berguna, dan bermanfaat untukku sendiri juga orang banyak. Untuk sahabat-sahabat juga temanku, semoga kalian bisa sukses selalu dan diberikan kelancaran hingga kita bisa bersama menjadi orang yang sangat baik kelak.

oleh : Astried Herera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar