Pages

Manusia dan Tanggung Jawab

4 Jan 2012
Manusia terlahir didunia ini, untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai makhluk hidup yang akan menjaga dan melindungi bumi ini. Tanggung jawab manusia bukan hanya terhadap Sang Pencipta, sesama manusia, juga diri sendiri.

Tanggung jawab terhadap Tuhan, dengan menjalankan semua perintah-NYA dan menjauhi segala larangan-NYA. Jika manusia tidak memenuhi itu semua, ia akan menanggung akibatnya di akhirat nanti.
Tanggung jawab terhadap sesama, dengan tidak melakukan hal yang merugikan orang lain. Contohnya, tidak berbuat jahat terhadap tetangga juga menghormati satu sama lain. Jika kita tidak bisa menjaga sikap kita kepada orang lain, maka kita harus bertanggung jawab untuk memperbaikinya.
Tanggung jawab terhadap diri sendiri, dengan semua hal yang kita lakukan baik hal buruk ataupun sebaliknya, kita harus bisa bertanggung jawab. Manusia bisa saja membuat kesalahan yang merugikan diri sendiri, untuk itu kita harus bisa bertanggung jawab sehingga kita tidak mengulangi kesalahan untuk kedua kalinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar