Pages

Tugas 1 : Jurnal

13 Okt 2014
Etika Bisnis yang dijalankan oleh PT Djarum Tbk
Astried Herera
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

Abstrak
Pemerintah Indonesia membuat sejumlah rambu-rambu atau aturan-aturan yang membatasi ruang gerak iklan rokok di media massa, walaupun peraturan-peraturan itu dibuat dengan "setengah hati". Karena di satu sisi peraturan itu dibuat untuk membatasi ruang gerak industri rokok dengan alasan kesehatan, tapi di sisi lain pemerintah juga mengharapkan industri ini sebagai sumber pemasukan negara di saat keadaan ekonomi Indonesia kurang menguntungkan. Substansi keberadaan CSR pada perusahaan adalah untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan itu sendiri. PT Djarum memberlakukan etika bisnis dan tanggung jawab sosial dalam menjalankan usahanya. Tergambar jelas bahwa PT Djarum sangat memposisikan diri sebagai perusahaan rokok yang tidak hanya mementingkan keuntungan perusahaan saja, namun juga kepentingan masyarakat dan konsumen dengan cara menghormati aturan pemerintah dalam memproduksi produknya.

Kata Kunci : Etika Bisnis, PT Djarum Tbk

1. Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
Keberadaan perusahaan rokok skala besar maupun kecil di Indonesia memang menimbulakan banyak kontroversi. Di satu sisi, keberadaan perusahaan rokok memberikan keuntungan secara finansial bagi negara, dan banyak menyerap tenaga kerja. Di sisi lain, keberadaan perusahaan rokok dengan produk dan pemasarannya meningkatkan konsumsi masyarakat Indonesia akan rokok dan menurunkan kualitas hidup atau merusak kesehatan masyarakat. Karena kita tahu, rokok mengandung banyak zat bersifat racun bagi tubuh manusia.
Paling tidak perusahaan rokok di Indonesia memiliki keterkaitan dengan tiga departemen yang sejauh ini memiliki kewenangan mengeluarkan segenap regulasi kepada perusahaan rokok di Indonesia. Pertama, Departemen Keuangan yang sangat berkepentingan atas pendapatan negara dari hasil cukai rokok, sehingga kebijakan apapun yang mempengaruhi sektor anggaran negara Departemen keuangan selalu terlibat.
Kedua, Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag) karena memiliki kepentingan agar industri rokok di Indonesia dapat terus berkembang, Deperindag beranggapan bahwa selain padat modal industri rokok juga padat tenaga kerja. Masalah tenaga kerja juga mempunyai keterkaitan dengan departemen tenaga kerja karena ketika terjadi pemogokan besar-besaran tenaga kerja perusahaan rokok, maka dengan segera pemerintah melalui departemen tenaga kerja ikut sibuk untuk menahan agar eskalasi kasus itu tidak semakin membesar.
Ketiga, Departemen Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Makanan dan Minuman (Ditjen POM) yang memiliki kewenangan untuk mengawasi peredaran produk rokok di masyarakat, Ditjen POM pula yang ikut aktif dalam pengaturan iklan tentang produk rokok di media massa. Apapun kebijakan pemerintah yang dapat mempengaruhi kinerja industri rokok, pemerintahpun sadar bahwa industri rokok merupakan salah satu pemasukan yang besar bagi pendapatan negara industri rokok, namun sambil meminimalisir ekspalitas rokok bagi kesehatan.
Dalam kabar UGM Online Edisi 84/V/21 Juli 2009, dituliskan bahwa masyarakat Indonesia mengkonsumsi rokok 178,3 miliar batang rokok per tahun. Angka ini merupakan angka tertinggi kelima di dunia, setelah Cina (1297,3 miliar batang), AS (462,5 miliar batang), Rusia (375 miliar batang), dan Jepang (299,1 miliar batang). Sebenarnya pemerintah sudah memberikan banyak aturan yang ketat untuk menekan konsumsi rokok di kalangan masyarakat. Seperti misalnya dalam hal komunikasi periklanan. Dalam dunia periklanan ada tiga produk yang selalu menimbulkan kontroversi, yaitu: alkohol, rokok dan kondom. Karena itu dibuatlah peraturan-peraturan yang membatasi gerak periklanan ketiga produk tersebut. Bahkan, WHO organisasi kesehatan dunia yang bernaung dibawah payung Perserikatan Bangsa Bangsa menghimbau supaya perusahaan-perusahaan tidak lagi memanfaatkan dana dari produsen-produsen rokok bagi keperluan kegiatan sponsorship. (Media Indonesia, 14 Juli 1996).
Pemerintah Indonesia pun membuat sejumlah rambu-rambu atau aturan-aturan yang membatasi ruang gerak iklan rokok di media massa, walaupun peraturan-peraturan itu dibuat dengan "setengah hati". Karena di satu sisi peraturan itu dibuat untuk membatasi ruang gerak industri rokok dengan alasan kesehatan, tapi di sisi lain pemerintah juga mengharapkan industri ini sebagai sumber pemasukan negara di saat keadaan ekonomi Indonesia kurang menguntungkan. Hal ini mungkin sangat bisa dimengerti karena penerimaan negara dari cukai rokok pada tahun 2000 mencapai angka sebesar 10,16 triliun rupiah -belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPn) dan Pajak Penghasilan (PPh). Bahkan pada tahun 2006 mencapai angka sekitar 40 triliun rupiah.(www.depkeu.go.id).

  1. Landasan Teori
2.1  Etika Bisnis
Etika bisnis adalah istilah yang biasanya berkaitan dengan perilaku etis atau tidak etis yang dilakukan oleh manajer atau pemilik suatu organisasi. Etika mempengaruhi perilaku pribadi di lingkungan kerja dan juga bisa mempengaruhi perilaku produsen kepada konsumen. Etika bisnis adalah istilah yang biasanya berkaitan dengan perilaku etis atau tidak etis yang dilakukanoleh manajer atau pemilik suatu organisasi (Ricky W. Griffin dan Ronald J. Ebert, 2007).
Menurut Manuel G. Velasquez (2006), Ethics is the discipline that examines your moral standards or the moral standards of a society to evaluate their reasonableness and their implications for one’s life. Moralty is the standards that an individual or a group has about what is right and wrong or good and evil. Moral Norms and Non-moral Norms are from the age of three we can distinguished moral from non-moral norms, from the age of three we tend to think that moral norms are more serious than non-moral norms and apply everywhere independent of what authorities say and the ability to distinguished moral from non moral norms in innate and universal.
Selain itu, Velasquez (2006) mengungkapkan that Business Ethics is a specialized study of moral right and wrong that concentrates on moral standards as they apply to business institutions, organizations, and behavior. Business Ethic is Applied Ethics. It is the application of our understanding of what is good and right to that assortment of institutions, technologies, transactions, activities, and pursuits that we call business.

2.2  Praktek-praktek Perusahaan dan Etika Bisnis
Organisasi berusaha mendorong perilaku etis dan melarang perilaku tidak etis dengan berbagai cara. Karena manajer dan karyawannya semakin sering melakukan aktivitas yang tidak etis dan bahkan ilegal di berbagai perusahaan, maka banyak perusahaan yang mengambil langkah tambahan untuk mendorong perilaku etis di lingkungan kerja.
Banyak di antaranya, misalnya menerapkan aturan main dalam menjalankan dan mengembangkan posisi etis yang jelas mengenai cara perusahaan dan karyawan menjalankan bisnisnya. Bidang yang semakin menjadi kontroversi yang berkaitan dengan etika bisnis dan praktek-praktek perusahaan mencakup posisi e-mail dan komunikasi lain yang terjadi di dalam suatu organisasi. Barangkali langkah tunggal paling efektif yang dapat diambil perusahaan adalah memperlihatkan dukungan manajemen puncak terhadap tindakan yang etis.
           
2.3  Memberlakukan Program Etika
Banyak contoh mengemukakan bahwa tanggapan etis dapat dipelajari berdasarkan pengalaman. Misalnya, dalam satu contoh klasik beberapa tahun lalu, penyabot perusahaan meracuni kapsul Tylenol, yang mengakibatkan kematian beberapa konsumen. Karyawan pada Johnson & Johnson, pembuat Tylenol, mengetahui bahwa tanpa memerlukan instruksi atau pengarahan dari perusahaan, mereka harus pergi ke rak-rak pengecer dan menarik produk itu secepat mungkin. Dalam retrospeksi, ternyata karyawan tahu bahwa inilah yang ingin dilakukan perusahaan (www.tylenol.com).
Tidak mengherankan, sekolah-sekolah bisnis telah memegang peranan penting dalam perdebatan mengenai pendidikan etika. Sebagian besar analis setuju bahwa walaupun sekolah-sekolah bisnis harus tetap mengajarkan masalah-masalah etika di lingkungan kerja, perusahaanlah yang harus bertanggung jawab penuh dalam mendidik karyawannya. Kabar baiknya, kini semakin banyak perusahaan yang melakukan hal tersebut.
Menurut Manuel G. Velasquez (2006), four steps leading to ethical behavior. First, recognizing a situation is an ethical situation. Second, judging what the ethical course of action is. Third, deciding to do the ethical course of action. Fourth, carrying out the decision. On the other hand, Velasquez (2006) said that requires framing it as one that requires ethical reasoning, situation is likely to be seen as ethical when it involves serious harm that is concentrated, likely, proximate, immiment, and potentially violates our moral standards and obstacles to recognizing a situation is ethical include: euphemistic labeling, ustifying our actions, advantageous comparisons, displacement of responsibility, diffusion of responsibility, distorting the harm, and dehumanization, and attribution of  blame.


  1. Metodologi
3.1  Objek Penelitian
Penulis melakukan penelitian terhadap PT Djarum Tbk.

3.2  Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data dengan cara teknik pengumpulan data, yaitu:
1.      Metode Kepustakaan (Library Research)
Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan yang diambil dari buku literature yang akan dijadikan landasan teori dalam penelitian ini.
2.      Internet
Pengumpulan data melalui internet dan jurnal-jurnal yang berhubungan dengan masalah atau latar belakang masalah yang diteliti.

4.      Pembahasan
4.1  PT Djarum Tbk
PT Djarum adalah salah satu perusahaan rokok di Indonesia. Perusahaan ini mengolah dan menghasilkan jenis rokok kretek dan cerutu. Ada tiga jenis rokok yang kita kenal selama ini. Rokok Cerutu (Terbuat dari daun tembakau dan dibungkus dengan daun tembakau pula), rokok putih (Terbuat dari daun tembakau dan dibungkus dengan kertas sigaret), dan rokok kretek (Terbuat dari tembakau ditambah daun cengkeh dan dibungkus dengan kertas sigaret).
PT Djarum adalah salah satu jenis perusahaan perseroan yang ada di Indonesia. Namun dahulu PT Djarum adalah sebuah perusahaan perseorangan karna didirikan oleh seorang Oei Wie Gwan. PT. Djarum memiliki 5 nilai-nilai inti dalam pengembangan perusahan. Nilai-nilai itu adalah .Fokus pada pelanggan, Profesionlisme, Organisasi yang terus belajar, Satu Keluarga, Tanggung Jawab Sosial.

4.2  Budaya Kerja PT Djarum
Budaya kerja perusahaan ini bergerak dalam bidang penerimaan/penyaluran hasil tembakau para petani, dan turut berperan dalam meningkatkanproduktivitas hasil tembakau. Peusahaan-perusahaan ini banyak membina petani tembakau yang ada di Pulau Lombok. Berbagai upaya dilakukan oleh perusahaan ini untuk lebih meningkatkan hasil-hasil tembakau baik secara kualitas maupun kuantitas, diantaranya melalui penyuluhan tentang cara pembibitan, pemeliharaan, pemungutan hasil panen, pengolahan termasuk di dalamnya pengeringan dan pengepakan serta tidak kalah pentingya dalam hal pemberian modal kepada petani. Selanjutnya dengan memperhatikan berbagai latar belakang dan keterbatasan yang dimiliki oleh petani dalam melakukan usahanya di atas, maka hendaknya terus dikembangkan hubungan kemitraan dalam bentuk keterkaitan usaha yang saling menunjang dan menguntungkan baik dengan koperasi, swasta dan Badan Usaha Milik Negara, serta antara usaha besar, menengah dan kecil dalam rangka memperkuat. struktur ekonomi nasional.
Senada dengan hal tersebut, menurut Sri Redjeki Hartono, dalam rangka meningkatkan kemampuan usaha yang berskala kecil harus dibarengi dengan kebijakan berupa beberapa upaya secara sistematis antara lain yaitu :
1.  Menyediakan perangkat peraturan yang sifatnya :
        • Mendorong terjadinya kerjasama/kemitraan.
        • Menciptakan bentuk kerjasama/kemitraan.
        • Memberi kemudahan dalam rangka terciptanya kerjasama/kemitraan.
2. Membentuk wadah-wadah kerjasama/kemitraan secara formal antara departemen, jawatan dan instansi yang bersifat teknis dengan pengusaha-pengusaha swasta (menengah dan kecil).

Kebijakan seperti tersebut di atas, merupakan wujud dari kehendak untuk melakukan keberpihakan kebijakan komunikasi organisasi kepada usaha kecil dan menengah, tetapi tentu saja tanpa mengabaikan peranan usaha besar dan Badan Usaha Milik Negara. Seperti kita ketahui bahwa kegiatan ekonomi di Indonesia secara simultan dilakukan oleh Badan-Badan Usaha Milik Negara, Badan - Badan Usaha Swasta dan Koperasi yang merupakan pendukung bangun ekonomi Indonesia.
Dari definisi kemitraan sebagaimana tersebut di atas, mengandung makna sebagai tanggung jawab moral pengusaha menengah/besar untuk membimbing dan membina pengusaha kecil mitranya agar mampu mengembangkan usahanya sehingga mampu menjadi mitra yang handal untuk menarik keuntungan dan kesejahteraan bersama. Dalam pedoman pola hubungan kemitraan, mitra dapat bertindak sebagai Perusahaan inti atau Perusahaan Pembina atau Perusahaan Pengelola atau Perusahaan Penghela, sedangkan Plasma di sini adalah Petani Tembakau. Di dalam pelaksanaan kemitraan pola inti plasma, perlu lebih cermat diperhatikan pola hubungan kelembagaan antar mitra sebab secara umum memang harus disadari bahwa dalam kemitraan bertemu dua kepentingan yang sama tetapi dilatarbelakangi oleh kemampuan manajemen, kekurangpahaman dalam pengetahuan hukum, serta permodalan memang sangat rentan untuk menjadi korban dari perusahaan inti yang jelas-jelas mempunyai latar belakang yang lebih kuat.

4.3  Analisis dari Sisi Etika Bisnis
Apa yang dilakukan PT. Djarum dengan Djarum Fondation-nya merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan akan lingkungan, hubungan antara perusahan dan masyarakat, dan juga sebagai investasi sosial perusahaan (corporate philantrophy).
Setidaknya ada tiga alasan penting mengapa kalangan dunia usaha mesti merespon dan mengembangkan tanggung jawab sosial sejalan dengan operasi usahanya. Perusahaan adalah bagian dari masyarakat dan oleh karenanya wajar bila perusahaan memperhatikan kepentingan masyarakat. Kalangan bisnis dan masyarakat sebaiknya memiliki hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme.
Kegiatan tanggung jawab sosial merupakan salah satu cara untuk meredam atau bahkan menghindari konflik sosial. Dimana perusahaan yang menerapkan hal ini akan lebih menekankan pembangunan sosial dan pembangunan kapasitas masyarakat sehingga akan menggali potensi masyarakat lokal yang menjadi modal sosial perusahaan untuk maju dan berkembang.

Selain dapat menciptakan peluang-peluang sosial-ekonomi masyarakat, dan menyerap tenaga kerja, cara ini juga dapat membangun citra positif bagi perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan Hasil Survey "The Millenium Poll on CSR" (1999) yang dilakukan oleh Environics International (Toronto), Conference Board (New York) dan Prince of Wales Business Leader Forum (London) di antara 25.000 responden dari 23 negara menunjukkan bahwa dalam membentuk opini tentang perusahaan, 60% mengatakan bahwa etika bisnis, praktik terhadap karyawan, dampak terhadap lingkungan, yang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) akan paling berperan. Sedangkan bagi 40% lainnya, citra perusahaan & brand image-lah yang akan paling memengaruhi kesan mereka. Hanya 1/3 yang mendasari opininya atas faktor-faktor bisnis fundamental seperti faktor finansial, ukuran perusahaan,strategi perusahaan, atau manajemen.
Lebih lanjut, sikap konsumen terhadap perusahaan yang dinilai tidak melakukan CSR adalah ingin "menghukum" (40%) dan 50% tidak akan membeli produk dari perusahaan yang bersangkutan dan/atau bicara kepada orang lain tentang kekurangan perusahaan tersebut. Secara umum, alasan terkait bisnis untuk melaksanakan biasanya berkisar satu ataupun lebih dari argumentasi di bawah ini:
·        Sumberdaya Manusia
Program CSR dapat berwujud rekruitmen tenaga kerja dan memperjakan masyarakat sekitar. Lebih jauh lagi CSR dapat dipergunakan untuk menarik perhatian para calon pelamar pekerjaan, terutama sekali dengan adanya persaingan kerja di antara para lulusan. Akan terjadi peningkatan kemungkinan untuk ditanyakannya kebijakan CSR perusahaan, terutama pada saat perusahaan merekruit tenaga kerja dari lulusan terbaik yang memiliki kesadaran sosial dan lingkungan. Dengan memiliki suatu kebijakan komprehensif atas kinerja sosial dan lingkungan, perusahaan akan bisa menarik calon-calon pekerja yang memiliki nilai-nilai progresif. CSR dapat juga digunakan untuk membentuk suatu atmosfer kerja yang nyaman di antara para staf, terutama apabila mereka dapat dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang mereka percayai bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas, baik itu bentuknya "penyisihan gaji", "penggalangan dana" ataupun kesukarelawanan (volunteering) dalam bekerja untuk masyarakat.


·        Manajemen risiko
Manajemen resiko merupakan salah satu hal paling penting dari strategi perusahaan. Reputasi yang dibentuk dengan susah payah selama bertahun-tahun dapat musnah dalam sekejap melalui insiden seperti skandal korupsi atau tuduhan melakukan perusakan linhkungan hidup. Kejadian-kejadian seperti itu dapat menarik perhatian yang tidak diinginkan dari penguasa, pengadilan, pemerintah dan media massa. Membentuk suatu budaya kerja yang "mengerjakan sesuatu dengan benar", baik itu terkait dengan aspek tata kelola perusahaan, sosial, maupun lingkungan--yang semuanya merupakan komponen CSR--pada perusahaan dapat mengurangi risiko terjadinya hal-hal negatif tersebut.

·        Membedakan merek
Di tengah hiruk pikuknya pasar maka perusahaan berupaya keras untuk membuat suatu cara penjualan yang unik sehingga dapat membedakan produknya dari para pesaingnya di benak konsumen. CSR dapat berperan untuk menciptakan loyalitas konsumen atas dasar nilai khusus dari etika perusahaan yang juga merupakan nilai yang dianut masyarakat.

Menurut Philip Kotler dan Nancy Lee, setidaknya ada dua jenis kegiatan CSR yang bisa mendatangkan keuntungan terhadap merek, yaitu corporate social marketing (CSM) dan cause related marketing (CRM). Pada CSM, perusahaan memilih satu atau beberapa isu--biasanya yang terkait dengan produknya--yang bisa disokong penyebarluasannya di masyarakat, misalnya melalui media campaign.
Dengan terus menerus mendukung isu tersebut, maka lama kelamaan konsumen akan mengenali perusahaan tersebut sebagai perusahaan yang memiliki kepedulian pada isu itu. Segmen tertentu dari masyarakat kemudian akan melakukan pembelian produk perusahaan itu dengan pertimbangan kesamaan perhatian atas isu tersebut.
Perusahaan menyatakan akan menyumbangkan sejumlah dana tertentu untuk membantu memecahkan masalah sosial atau lingkungan dengan mengaitkannya dengan hasil penjualan produk tertentu atau keuntungan yang mereka peroleh. Biasanya berupa pernyataan rupiah per produk terjual atau proporsi tertentu dari penjualan atau keuntungan. Dengan demikian, segmen konsumen yang ingin menyumbang bagi pemecahan masalah sosial dan atau lingkungan, kemudian tergerak membeli produk tersebut. Mereka merasa bisa berbelanja sekaligus menyumbang. Perusahaan yang bisa mengkampanyekan CSM dan CRM-nya dengan baik akan mendapati produknya lebih banyak dibeli orang, selain juga mendapatkan citra sebagai perusahaan yang peduli pada isu tertentu.

·        Ijin usaha
Perusahaan selalu berupaya agar menghindari gangguan dalam usahanya melalui perpajakan atau peraturan. Dengan melakukan sesuatu 'kebenaran" secara sukarela maka mereka akan dapat meyakinkan pemerintah dan masyarakat luas bahwa mereka sangat serius dalam memperhatikan masalah kesehatan dan keselamatan, diskriminasi atau lingkungan hidup maka dengan demikian mereka dapat menghindari intervensi. Perusahaan yang membuka usaha diluar negara asalnya dapat memastikan bahwa mereka diterima dengan baik selaku warga perusahaan yang baik dengan memperhatikan kesejahteraan tenaga kerja dan akibat terhadap lingkungan hidup, sehingga dengan demikian keuntungan yang menyolok dan gaji dewan direksinya yang sangat tinggi tidak dipersoalkan.

·        Motif perselisihan bisnis
Kritik atas CSR akan menyebabkan suatu alasan dimana akhirnya bisnis perusahaan dipersalahkan. Contohnya, ada kepercayaan bahwa program CSR seringkali dilakukan sebagai suatu upaya untuk mengalihkan perhatian masyarakat atas masalah etika dari bisnis utama perseroan.

  1. Penutup
5.1  Kesimpulan
Dari analisis diatas dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya substansi keberadaan CSR pada perusahaan adalah untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan itu sendiri. PT Djarum memberlakukan etika bisnis dan tanggung jawab solial dalam menjalankan usahanya. Tergambar jelas bahwa PT Djarum sangat memposisikan diri sebagai perusahaan rokok yang tidak hanya mementingkan keuntungan perusahaan saja, namun juga kepentingan masyarakat dan konsumen dengan cara menghormati aturan pemerintah dalam memproduksi produknya.

Daftar Pustaka
Penelope Patsuris, 2000. “Has Purchase Pro Bitten Off More Than It Can Chew?” Forbes Magazine, July 4th, 2000.
Ricky W. Griffin dan Ronald J. Ebert, 2007. Business, Edisi Kedelapan, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.


Read more ...

Tulisan 10 : My Favorite Singer

8 Okt 2014
Demi ini suaranya keren banget >.< lagu-lagunya juga oke, aku dukung dia jd best singer deh pokoknya hehe.. Ini sedikit profilnya yang aku dapat...

Demetria Devonne "Demi" Lovato (lahir di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat, 20 Agustus 1992; umur 22 tahun) adalah aktris, penyanyi, penari dan aktivis asal Amerika Serikat. Lovato memulai debutnya dalam Barney & Friends. Namun, namanya mulai dikenal publik setelah memerankan tokoh Mitchie Torres dalam film Camp Rock dan Sonny Munroe dalam serial Sonny with a Chance yang ditayangkan di Disney Channel. dia juga bermain di film Princess Protection Program. Dia juga terlibat dalam kegiatan filantropi melalui kegiatan amal dan berbagai kegiatan sosial lingkungan.

Sebagai penyanyi solo, Lovato merilis album debutnya Don't Forget pada tanggal 23 September 2008. Album ini mencapai peringkat nomor dua di Billboard 200 dengan penjualan 89.000 kopi di minggu pertama. Lovato merilis album kedua, Here we go Again, pada tanggal 21 Juli 2009. Album ini mencapai peringkat nomor satu di Billboard 200, dengan penjualan 108.000 kopi di minggu pertama. Album studio ketiga Lovato, Unbroken, dirilis pada tanggal 20 September 2011 dan mencapai puncaknya pada nomor empat di Billboard 200. album studio keempat Lovato, Demi, dirilis pada 14 Mei 2013 dan mencapai puncaknya pada nomor tiga di Billboard 200 dengan penjualan 110.000 kopi di minggu pertama. Pada tahun 2014, Demi mulai bekerja di album studio kelimanya dan berharap akan merilisnya pada tahun 2014. Lovato mengumumkan konser tur headlining keempat, Demi World Tour, Tur ini untuk mendukung album studio keempatnya DEMI. Tur Ini menjadi tur Dunia Pertama Lovato.

Selain menjadi seorang penyanyi, Lovato juga menjadi juri pada musim kedua dan ketiga dari The X Factor versi Amerika.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Demi_Lovato
Read more ...

Tulisan 9 : My Favorite Comic

8 Okt 2014
Hai, Miiko! Komik dengan cerita yang lucu juga menarik ^^ karakter dari semua tokoh juga unik, aku sudah baca dari jilid pertama sampai yang ke 26 dan itu benar-benar bagus.


Tentang Hai, Miiko!
Hai, Miiko! (こっちむいて!みい子 Kocchimuite! Miiko)
Adalah komik manga yang bercerita tentang gadis kelas 5 SD yang bernama Yamada Miiko beserta dengan teman-temannya.
Sebenarnya ada versi terdahulu dari Hai, Miiko! ini, judulnya Namaku Miiko! tapi hanya sampai jilid 4 saja. Isi ceritanya sama, tapi di jilid 1 Miiko dan teman-teman masih duduk di kelas 4 SD. Saat ini komik Hai, Miiko! ini sudah sampai jilid 24.

Tokoh lain :

Mari Shimura, sahabat Miiko yang ingin menjadi komikus. Miiko sering membantu Mari dalam mengarsir komik. Anaknya tidak bisa menjaga rahasia, karena setiap rahasia Miiko pasti dibocorkannya ke orang lain. Dia juga blak-blakan dan suka bicara kasar sehingga teman-temannya kurang suka padanya. Keduanya sama-sama pendek, tetapi badan Mari sedikit lebih gemuk dibanding Miiko.

Yuuko Ogawa (Yukko), yang baik, pintar, dan penyabar. Pacarnya Kenta, dan sangat setia padanya. Buktinya ketika dia menerima surat cinta dari anak SMP dia menolaknya karena dia lebih memilih Kenta.

Kenta Satou, dia pacarnya Yukko xixi, akrab dengan Tappei. Suka menggoda Tappei dengan Miiko..

Eguchi Tappei, yang suka jahil, populer di kalangan perempuan di kelas maupun luar kelas. Walaupun suka berantem dengan Miiko, tapi mereka berdua sebenarnya saling suka. Hanya mereka berdua masih malu-malu!

Tanimura Miho, gadis cantik yang menyukai Tappei. Akibatnya menganggap Miiko sebagai rival cintanya.

Nomura Yoshiki, cita-citanya menjadi sutradara. Meskipun tampangnya suka memberengut, tapi hatinya baik. Tingginya sama dengan Miiko dan Mari. Ia menyukai Miho.

Takashi Yasuko (Yakko), orangnnya terkadang egois selalu menganggap hal sulit tidak mungkin di ringankan.

Yamada Mamoru, adik Miiko yang pintar, agak sedikit dewasa daripada Miiko. Akibatnya Mamoru selalu memanggil langsung namanya tanpa memanggil kakak. Contohnya, "Miiko! Sini Miiko!"
Yuka Kobayashi, pacar Mamoru. Ia disukai pula oleh Shinji, teman sekelasnya. Anaknya manis, lemah lembut, dan cantik. Pernah cemburu kepada Miiko, karena Mamoru akrab dengan Miiko dan tak pernah memanggil kakak.

Yoshida Ikuya, cowok kalem dan pintar yang sangat menyukai Miiko.

Yamada Rie, ibu Miiko dan Mamoru. Ibu yang baik, lumayan cuek dan terkadang tidak perhatian, tetapi sangat menyayangin anak-anak nya. Selalu bersemangat. Bekerja sebagai editor komik.

Yamada Kosuke, ayah Miiko dan Mamoru. Ayah yang baik dan perhatian, selalu memanjakan Miiko. Bekerja sebagai wartawan.

Yamada Momo, adik Miiko dan Mamoru yang baru lahir di jilid 19. Diceritakan bahwa ia dilahirkan dengan jalan berliku.

Tokoh tambahan yang pernah muncul di salahsatu jilidnya:

Uranai, teman sekelas miiko yang bisa dibilang ahli meramal. Larinya lambat, tapi berkat bantuan miiko, dia menjadi semangat dan yakin bahwa ramalan nasib bisa diubah asalkan berusaha.

Morimoto Nozomi, teman sekelas miiko yang pandai membuat gambar lucu. Cita-citanya ia ingin menjadi komikus yang membuat para pembaca menjadi semangat. Tetapi kemudian Miiko dan mari-chan terkejut soal kabar yang mengabarkan bahwa ternyata Nozomi-chan mengidap penyakit kanker darah atau Leukimia. Sampai berbulan-bulan tidak dapat masuk sekolah.

Mizuki-chan, jago main piano. Orangnya baik. terdapat di Hai,Miiko! jilid 22
Peramal aneh, seringkali muncul di kehidupan Miiko dan dapat memberi keajaiban. Dapat memberi tahu apa yang akan terjadi di masa depan dan mempunyai coklat ajaib yang dapat membuat seseorang mencintai orang yang memberi coklat ajaib itu.

Matsumoto Kaoru, teman sekelas miiko, orangnya baik dan sabar.

Akane-chan, dia tidak suka dengan Mari-chan karena menganggap Mari-chan orangnya egois dan sok jago.
Dan Masih banyak lagi ...

Pada umumnya, cerita ini menggambarkan keseharian anak SD yang ceria dan polos. Namun, tentu saja diselingi oleh kisah percintaan Miiko dan Tappei (sebetulnya mereka berdua saling suka, tapi masih malu-malu) .Kadangkala Miiko ditertawakan oleh teman-temannya karena soal tinggi Miiko kira-kira hanya 122 cm . Dalam manga ini, selalu diceritakan keseharian Miiko dan kawan-kawan.

Sang pengarang sangat pandai menggambarkan situasi yang dapat membuat pembaca tersenyum, bahkan tertawa melihat kepolosan tokoh-tokohnya . Manga ini dikarang oleh Ono Eriko. Dan di setiap komik, selalu ada bonus cerita yang mengisahkan sang pembuat komik. Sekarang Miiko dan Mamoru sudah punya adik perempuan, namanya Yamada Momo. Lahir tanggal 9 Januari. Anaknya lucu, sampai-sampai Mamoru tidak bisa bernafas karenanya. Di jilid 20, Momo sudah bisa bilang "Mi" yang berarti "Miiko". Dan jilid terakhirnya adalah nomor 25. Mungkin jilid 26 sudah diterbitkan. ^^

sumber http://haimiiko-miivers.blogspot.com/p/tentang-hai-miiko.html
Read more ...

Tulisan 8 : My Favorite Game

8 Okt 2014
Harvest Moon : Back To Nature

Nah, kalau ini game favoritku yang sampe sekarang aku mainkan.. karena di game ini kita benar-benar berusaha bagaimana menjadi seorang petani yang hebat dan juga warga yang baik (tanpa chit looh :p). Karakter games ini juga lucu-lucu. Aku beli juga bukunya loh, dibuku tertulis banyak informasi tentang game ini jadi ga sulit. Game nya dibuat semenarik mungkin, pokoknya keren deh. Ayo siapa yang mau coba ^^

Harvest moon (bokujo monogatari) adalah game simulasi pertanian yang diproduksi oleh victor interaktif software (diakuisisi oleh hiburan marvelous pada tahun 2003) yang pada awalnya diciptakan oleh Yasuhiro Wada pada tahun 1996. Terjemahan bahasa inggris dan distribusi permainan oleh NATSUME dan rising star di eropa game.

harvest moon


Tujuan permainan ini adalah untuk mempertahankan pertanian selama periode waktu, merawat tanaman dan ternak melalui beberapa musim, bersosialisasi dengan warga kota dan juga menikahi gadis impiannya. Game pertama dirilis untuk snes di tahun 1996. Games ini juga telah diproduksi untuk game boy, dan gba nintendo 64, playstation, playstation 2, gamecube dan nintendo ds, dengan judul baru untuk psp, nintendo ds, dan untuk wii dan playstation 3.



Sebagian besar gameplay dalam game Harvest Moon terdiri dari penanaman benih untuk buah-buahan, sayuran, bunga dan tumbuh-tumbuhan, dan mengumpulkan berbagai macam benda, melakukan perbaikan rumah, dan menjalin hubungan pribadi.


harvest moon


Seorang petani yang berhasil harus mempertimbangkan hal biaya, harga jual, jumlah panen, dan waktu pertumbuhan berbagai jenis produksi dalam rangka untuk memilih produk terbaik untuk setiap musim. Dan satu lagi pemain dapat pergi memancing dan menambang untuk keuntungan ekstra. Banyak rahasia yang harus dipecahkan dalam permainan ini



Evolusi Game Harvest Moon Dari Masa Ke Masa
Harvest Moon 1996
Harvest Moon GB 1997
Harvest Moon 64 1999
Harvest Moon 2 GBC 1999-2001
Harvest Moon : Back To Nature 1999-2001
Harvest Moon 3 GBC 2000-2001
Bokujo Monogatari : Harvest Moon for Girl 2000
Harvest Moon : Save The Homeland 2001
Harvest Moon : Friends of Mineral Town 2003
Harvest Moon : A Wonderful Life 2003-2004
Harvest Moon : More Friends of Mineral Town 2003-2005
Harvest Moon : Another Wonderful Life 2004-2005
Harvest Moon : Magical Melody 2005-2006
Harvest Moon DS 2005-2007
Harvest Moon : Boy & Girl 2005-2007
Harvest Moon DS Cute 2005-2008
Harvest Moon DS : Island of Happiness 2007-2009
Harvest Moon : Tree of Tranquility 2007-2009
Harvest Moon DS : Sunshine Islands 2008-2010
Harvest Moon : Animal Parade 2008-2010
Harvest Moon DS : Grand Bazaar 2008-2010
Harvest Moon : Hero of Leaf Valley 2009-2010
Harvest Moon : The Tale of Two Towns 2010 {kaskus.us/showthread.php?t=9627814}

sumber : http://riska-krisma.blogspot.com/2013/04/semua-tentang-harvest-moon-games.html
Read more ...

Tulisan 7 : My Favorite Book

8 Okt 2014
What If I Had Never Tried It
(Bagaimana Jika Aku Tak Pernah Mencobanya)

salah satu buku yang aku baca sampe habis!! haha.. aku ga terlalu suka baca buku sebenernya, tapi karena buku ini menggambarkan sosok idolaku dan ditamabah lagi buku ini ditulis langsung sm Vale, aku jadi semangat bacanya ^^ yuk lihat sinopsisnya :

Sewaktu kecil, ia hanya ingin jadi pembalap sepeda tercepat. Impiannya menjadi juara dunia. Tetapi, ia telah meraih lebih dari impian tertingginya: ia mendominasi berbagai kejuaraan, ia mematahkan lusinan rekor, ia mengoreksi batas kecepatan dalam dunia balap motor, dan ia menciptakan tren baru.

Ia adalah dewa sirkuit motor, raja MotoGP, penguasa balapan motor. Ia tak terkalahkan.

Pada 2002, saat usianya baru 23 tahun, ia sudah mampu meraih sukses yang belum pernah dicapai siapa pun, memenangkan kejuaraan dunia untuk semua kategori: 125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP.

Ia telah menang di level internasional dengan Aprilia, Honda, dan Yamaha.

Sabtu, 18 April 2004 di Welkom, Afrika Selatan adalah hari yang akan selalu diingat dalam sejarah balapan motor dunia, suatu momen yang mengubah wajah perhelatan kejuaraan MotoGP. Valentino Rossi memenangkan balapan pertamanya bersama Yamaha, mengalahkan Honda. Saat itu juga balapan awal Kejuaraan Dunia 2004. Sesuatu yang sebelumnya tak pernah terpikirkan, bahkan bagi diri Rossi sendiri.

Dengan gaya tutur yang mudah dicerna, dalam otobiografinya ini, secara terang benderang The Doctor mengungkap banyak hal yang belum pernah diutarakannya ke media massa: Kepindahan dirinya dari Honda ke Yamaha, pada saat tertentu, menimbulkan tanda tanya bagi sebagian besar orang. Mengapa harus pindah? Tak puaskah dengan apa yang selama ini diperolehnya di Honda? Mengapa juga tim yang dipilih—mungkin sebagai tujuan akhir karirnya di dunia balap motor—adalah Yamaha? Mengapa bukan Ducati? Atau tim lain? Di buku ini, Rossi sendiri mengungkap jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu. Di samping itu, kita juga diajak menengok masa-masa awal ia meniti karir, keseharian dengan teman-temannya di Urbino, Italia, perseteruannya dengan Biagi, mengapa nomor 46 menjadi spesial buat Rossi, dan masih banyak lagi.

Tentang Pengarang: VALENTINO ROSSI lahir pada 16 Februari 1979, di Urbino, Italia. Ia memenangkan GP pertamanya pada umur 17 tahun, titel kejuaraan dunia pertamanya pada umur 18 tahun, dan kejuaraan MotoGP pertamanya pada usia 22 tahun. Ia kini membalap untuk Yamaha dan tinggal di London tengah.

sumber : http://book.store.co.id/OTOBIOGRAFI_VALENTINO_ROSSI_buku_1283.html
Read more ...

Tulisan 6 : My Favorite Rider

8 Okt 2014
Aku ngefans..... banget sama pembalap yang satu ini lho!! dari sd aku udah tertarik nonton ajang balap motogp, dan Valentino Rossi ini satu-satunya yang bikin geregetan ^^


Valentino Rossi pembalap kelahiran Urbino, Italia 16 Februari 1979 adalah seorang pembalap di arena balap grandprix motor dunia setelah era Michael Doohan dengan titel juara dunia di empat kelas berbeda yang diraihnya selama tujuh tahun berkarir. Putra dari mantan pembalap GP 250cc Graziano Rossi dan Stefania Palma ini telah mempunyai banyak rekor dan prestasi yang melampaui para seniornya. Total pembalap eksentrik ini membukukan 7 gelar juara dunia : sekali di kelas 125cc, sekali di kelas 250cc, lima kali di kelas puncak, 500cc, dan Moto GP.

Dalam karirnya sepanjang GP Rossi selalu memakai nomor 46, ia memakai nomor itu setelah menonton aksi seorang pembalap wildcard Jepang bernomor 46 di TV yang membuatnya terkesan. Apalagi nomor itu juga dipakai oleh Graziano Rossi, ayahnya, ketika memenangi lomba pertama dengan Morbidelli tahun 1979. Saat ini ia tetap memakai nomor 46 kebanggaanya itu dan tidak mengikuti juara dunia-juara dunia sebelumnya yang memilih berganti nomor 1 setelah mendapatkan titel juara dunia.

Saat pertama bergabung di Gp 500cc bersama tim eks Doohan yang dikepalai oleh seorang mekanik handal Australia bernama Jerremy Burgess, suasana paddock sangat terpengaruh perangai Doohan yang temperamental. Semua mekanik dan staff tim tampak serius dan cenderung penuh tekanan. Suasana ini membuat Rossi bertekad untuk merayakan besar-besaran ketika menang. Sejak saat itulah, pesta kemenangan menjadi ciri khasnya. Tak hanya bersama teman, juga ribuan pendukungnya yang memadati sirkuit. Ia juga melakukan Aksi “wheelie” dan “burnout” jika memperoleh kemenangan dan kerap memberikan “kneepad” atau topi kepada fansnya dengan melemparnya saat berada di podium.

Dalam karir balapnya, Rossi selalu berganti julukan dan melakukan hal-hal yang menarik perhatian serta menghibur. Ia beralasan bahwa semua itu dilakukannya dengan niat bersenang-senang dan melakukan sesuatu yang lucu. “Rossifumi”, julukan Rossi yang diberikan oleh temannya saat Rossi membalap di kelas 125cc. Julukan ini tercipta karena Rossi kagum dengan pembalap Jepang yang khas dengan rambut panjangnya, Norick Abe. Tahun 2004, Rossi dan Abe sama-sama membela Yamaha. Rossi berada di tim Gauloises Fortuna Yamaha Team sedangkan Abe di Fortuna Gauloises Tech 3 Yamaha Team.

“Valentinik”, julukan ini berasal dari tokoh kartun “Daffy Duck” yang menjadi “superhero” di Italia bernama Paperinik. Julukan ini dipakainya pada saat membalap di kelas 250cc. Julukan lainnya adalah “The Doctor” setelah ia naik di kelas 500cc pada musim 2000. Pada akhir musim 2003 menjelang musim 2004, Valentino Rossi membuat keputusan untuk hijrah dari tim pabrikan Honda, Repsol Honda HRC. Ia memilih bergabung bersama tim Yamaha yang terakhir meraih juara dunia pada tahun 1992 melalui pembalap Wayne Rainey. Rossi tidak pindah ke tim Yamaha sendirian, ia juga membawa Jerremy Burgess, kepala mekaniknya yang dahulu juga menangani Doohan dan Criville. Mereka melakukan serangkaian tes membenahi teknologi motor Yamaha YZR M1 milik Rossi agar mampu menandingi motor terkuat di Moto GP saat itu, RC211V milik Honda.

Mengenai kepindahannya, banyak yang tak mengira dan pesimis bahwa Rossi akan mampu mempertahankan gelar juaranya. Tapi ia mementahkan semua pandangan pesimis tersebut. Bahkan pada seri pertama musim 2004 di GP Welkom, Afrika Selatan, ia mengalahkan Max Biaggi yang mengendari motor Honda, meskipun dengan perlawanan yang sangat ketat dengan mengendarai motor yamaha yang terakhir berada di podium tahun 1992. Pada tahun 2004 dan 2005 Rossi mejadi juara dunia bersama Yamaha dan menjadi pembalap Yamaha pertama yang paling banyak menjadi juara dalam satu musim (9 kali juara pada musim 2005).

Pada tahun 2011, Valentino Rossi kemudian pindah ke Ducati, ada banyak alasan mengapa Rossi berpindah haluan ke Ducati, Salah satu yang sempat mencuat adalah alasan Rossi pindah ke Ducati adalah hanya karena uang. Nilai kontrak yang jauh lebih tinggi bersama Ducati dikabarkan menjadi daya tarik utama buat “The Doctor”. Namun belakangan alasan itu dibantah sendiri oleh Valentino Rossi. The Doctor membantah dan menegaskan jika uang yang dia terima di Ducati tak jauh berbeda jumlahnya dengan yang ditawarkan pihak Yamaha. Selama dua tahun bersama Ducati, praktis Rossi tak pernah merasakan sekali pun kemenangan. Prestasi paling top adalah peringkat dua di GP Prancis

dan GP Marino pada 2012, dan peringkat tiga di GP Prancis pada 2011.kemudian Pada tahun 2013, Valentino Rossi kembali ke Yamaha, Alasan ia kembali adalah Rossi sangat ketagihan dengan kemenangan, yang menurutnya rasanya seperti candu. Karena ketagihan dengan candu kemenangan itu pula, ia memutuskan kembali ke Yamaha.

Rossi untuk sementara memegang rekor sepanjang masa untuk jumlah kemenangan di kelas premier. Sejak melakukan debutnya pada tahun 2000, pebalap berusia 33 tahun ini sudah meraih 79 kemenangan dan merengkuh tujuh gelar juara dunia. Total bersama Yamaha ia sudah meraih 46 kemenangan, termasuk empat kali juara dunia 4 (2004-2005, 2008-2009). Kemenangan terakhirnya di kelas paling bergengsi ini terjadi pada tahun 2010 di Sepang, Malaysia.

sumber : http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/10/biografi-valentino-rossi-doctor.html
Read more ...

Tulisan 5 : My Favorite Sport

8 Okt 2014


Grand Prix Sepeda Motor mengacu pada kelas puncak dari balap motor, saat ini terbagi dalam tiga kelas mesin yang berbeda: Moto3, Moto2 dan MotoGP. Motor-motor yang digunakan di MotoGP adalah motor yang dibuat khusus untuk balapan dan tidak dijual untuk umum. Hal ini berlawanan dengan beberapa balapan kategori produksi, seperti World Superbike yang melombakan versi modifikasi dari motor-motor yang tersedia untuk umum.

Kejuaraan dunia untuk balap motor pertama kali diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM), pada tahun 1949. Pada saat itu secara tradisional telah diselenggarakan beberapa balapan di tiap even untuk berbagai kelas motor, berdasarkan kapasitas mesin, dan kelas untuk sidecars (motor bersespan). Kelas-kelas yang ada saat itu adalah 50 cc, 125 cc, 250 cc, 350 cc, dan 500 cc untuk motor single seater, serta 350 cc dan 500 cc untuk motor sidecars. Memasuki tahun 1950-an dan sepanjang 1960-an, motor bermesin 4 tak mendominasi seluruh kelas. Pada akhir 1960-an, motor bermesin 2 tak mulai menguasai kelas-kelas kecil. Pada tahun 1970-an motor bermesin 2 tak benar-benar menyingkirkan mesin-mesin 4 tak. Pada tahun 1979, Honda berusaha mengembalikan mesin 4 tak di kelas puncak dengan menurunkan motor NR500, namun proyek ini gagal, dan pada tahun 1983 Honda bahkan meraih kemenangan dengan motor 500 cc 2 tak miliknya. Pada tahun 1983, kelas 350 cc akhirnya dihapuskan. Kelas 50 cc kemudian digantikan oleh kelas 80 cc pada tahun 1984, tetapi kelas yang sering didominasi oleh pembalap dari Spanyol dan Italia ini akhirnya ditiadakan pada tahun 1990. Kelas sidecars juga ditiadakan dari kejuaraan dunia pada tahun 1990-an, menyisakan kelas 125 cc, 250 cc, dan kelas 500 cc.

GP 500, kelas yang menjadi puncak balap motor Grand Prix, telah berubah secara dramatis pada tahun 2002. Dari pertengahan tahun 1970-an sampai 2001 kelas puncak dari balap GP ini dibatasi 4 silinder dan kapasitas mesin 500 cc, baik jenis mesin 4 tak ataupun 2 tak. Akibatnya, yang mampu bertahan adalah mesin 2 tak, yang notabene menghasilkan tenaga dan akselerasi yang lebih besar. Pada tahun 2002 sampai 2006 untuk pertama kalinya pabrikan diizinkan untuk memperbesar kapasitas total mesin khusus untuk mesin 4 tak menjadi maksimum 990 cc, dan berubah menjadi 800 cc di musim 2007. Pabrikan juga diberi kebebasan untuk memilih jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai enam dengan batas berat tertentu. Dengan dibolehkannya motor 4 tak ber-cc besar tersebut, kelas GP 500 diubah namanya menjadi MotoGP. Setelah tahun 2003 tidak ada lagi mesin 2 tak yang turun di kelas MotoGP. Untuk kelas 125 cc dan 250 cc secara khusus masih menggunakan mesin 2 tak.

Balap untuk kelas MotoGP saat ini diselenggarakan sebanyak 17 seri di 15 negara yang berbeda (Spanyol menggelar 3 seri balapan). Balapan biasa digelar setiap akhir pekan dengan beberapa tahap. Hari Jum’at digelar latihan bebas dan latihan resmi pertama, kemudian hari Sabtu dilaksanakan latihan resmi kedua dan QTT, di mana para pembalap berusaha membuat catatan waktu terbaik untuk menentukan posisi start mereka. Balapan sendiri digelar pada hari Minggu, meskipun ada seri yang digelar hari Sabtu yaitu di Belanda dan Qatar. Grid (baris posisi start) terdiri dari 3 pembalap perbaris dan biasanya setiap seri balap diikuti oleh sekitar 20 pembalap. Balapan dilaksanakan selama sekitar 45 menit dan pembalap berlomba sepanjang jumlah putaran yang ditentukan, tanpa masuk pit untuk mengganti ban atau mengisi bahan bakar. Balapan akan diulang jika terjadi kecelakaan fatal di awal balapan. Susunan grid tidak berubah sesuai hasil kualifikasi. Pembalap boleh masuk pit jika hanya untuk mengganti motor karena hujan saat balapan.

Kesuksesan Balap MotoGP tidak terlepas dari organisasi-organisasi yang terlibat di dalamnya Beberapa organisasi yang tergabung dalam komisi Grand Prix antara lain FIM, Dorna, IRTA, dan MSMA.

FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) merupakan badan tertinggi di dunia yang mengurusi hal-hal seputar sepeda motor. FIM yang berdiri pada tahun 1904 ini tidak hanya mengurusi balap motor, tetapi juga menjadi pengawas motor-motor produksi yang dijual masal, terutama soal keamanan dan kelayakan. Dalam kegiatan balap motor, FIM adalah badan yang mengurusi dan bertanggung jawab mengenai regulasi dan teknis pelaksanaan balapan, juga mengenai status, taraf, dan kriteria dari sebuah kejuaraan balap motor.

Dorna adalah organisasi penyelenggara balapan MotoGP, atau dengan kata lain Dorna adalah promotor kejuaraan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event.

IRTA (International Road racing Team Association), anggota organisasi ini terdiri dari tim-tim yang mengikuti balapan MotoGP. Organisasi ini berfungsi untuk menyalurkan aspirasi tim dan para pembalap yang tergabung di dalamnya. Dengan organisasi inilah pembalap dapat memberikan masukan dan menentukan hak-hak dan kepentingannya, antara lain nilai kontrak, keamanan dan kelayakan sirkuit.

MSMA (Motor Sport Manufacturer Association) merupakan organisasi dalam MotoGP yang terdiri dari pabrikan-pabrikan motor yang mengikuti kejuaraan MotoGP, seperti Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, Kawasaki, dan pabrikan lainnya. Fungsi dari organisasi ini antara lain memutuskan peraturan teknis mengenai regulasi motor bersama dengan organisasi lain yang tergabung di komisi Grand Prix.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Grand_Prix_Sepeda_Motor
Read more ...

Tulisan 4 : My Favorite Actress

8 Okt 2014

Chloë Grace Moretz, lahir 10 Februari 1997; umur 17 tahun) adalah seorang aktris asal Amerika Serikat. Pada usia tujuh tahun, ia memulai karier aktingnya dengan penampilan dalam film dan seri seperti The Amityville Horror, (500) Days of Summer, Diary of a Wimpy Kid, Big Momma's House 2, Desperate Housewives, dan Dirty Sexy Money.

Dia menerima pengakuan luas untuk penampilannya sebagai Hit-Girl di film pahlawan super tahun 2010 Kick Ass. Pujiannya dilanjutkan dengan perannya yang diakui kritikus dalam film Let Me In dan Hugo.

Chloë Moretz lahir di AtlantaGeorgia. Ibunya, Teri (née Duke), adalah seorang praktisi perawat, dan ayahnya, McCoy Lee Moretz, adalah seorang dokter bedah plastik. Moretz memiliki empat kakak: Brandon, Trevor, Colin dan Ethan. Dia telah digambarkan keluarganya sebagai "sangat Kristen". Dia adalah keturunan Jerman, Inggris, Skotlandia, Welsh, dan Swiss-Jerman. Salah satu kakak laki-lakinya, Trevor Duke Moretz, adalah pelatih akting dan mendampingi dia di perjalanan dan press date saat orang tuanya tidak dapat hadir.

Moretz pindah dari Georgia ke New York pada tahun 2001, dengan ibu dan kakak laki-lakinya, Trevor, karena ia diterima di Professional Performing Arts School. Ini awalnya mulai tertarik di acting. Kariernya di Hollywood, dimulai ketika ia dan seluruh keluarganya pindah ke Los Angeles pada 2003.

Peran pertamanya di Hollywood adalah sebagai Violet di dua episode dari serial The Guardian, dan peran film pertamanya adalah sebagai Molly di Heart of the Beholder.

Kemudian ia bermain dalam film remake tahun 2005, The Amityville Horror dan dia mendapat pengakuan yang lebih besar dalam bentuk nominasi Young Artist Award. Setelah Amityville, karier Moretz berkembang lebih lanjut ketika ia menjadi bintang tamu di TV, serta peran sebagai salah satu dari anak-anak keluarga di Big Momma's House 2. Di antara yang paling menonjol dari peran TV-nya sampai saat ini adalah sebagai karakter Kiki George di Dirty Sexy Money, dan Sherri Maltby di Desperate Housewives. Moretz juga menyuarakan versi Amerika Serikat untuk Darby, karakter animasi dalam My Friends Tigger & Pooh.

Pada tahun 2010, Moretz muncul sebagai Hit-Girl di film superrhero Kick Ass disutradarai Matthew Vaughn, berdasarkan komik dengan nama yang sama oleh Mark Millar dan John Romita, Jr, dan ia telah menerima pujian kritis luas. Moretz berlatih dengan kru stunt Jackie Chan selama tiga bulan sebelum pembuatan film Kick-Ass dan melakukan sebagian besar stunt sendiri saat syuting di lokasi. Juga pada tahun itu, dia bermain sebagai Abby, vampir yang berusia 12 tahun, di Let Me In, film remake Amerika dari film Swedia Let the Right One In, yang dirilis pada tanggal 1 Oktober 2010. Peran berikutnya menjadi Little Ann Sliger dalam film thriller Texas Killing Fields.

Moretz memerankan Isabelle dalam film yang disutradarai Martin Scorsese, Hugo, film adaptasi dari buku The Invention of Hugo Cabret, dan Hick, sebuah film adaptasi dari novel karya Andrea Portes.

sumber : www.wowkeren.com
Read more ...

Tulisan 3 : My Faforite Actor

8 Okt 2014

Nama asli : Robert John Downey Jr.

Tanggal lahir : 04 April 1965 
Lahir di : New York, New York, USA 
Zodiac : Aries 
Terkenal sejak berperan sebagai Charlie Caplin di film "Chaplin" (1992)








Robert Downey Jr. lahir di New York, 4 April 1965. Dia adalah anak kedua dari dua bersaudara. Robert memiliki kakak perempuan bernama Allyson. Semasa kecil, Robert dibesarkan dikalangan pembuat film. Ayahnya, Robert Downey, Sr., dikenal sebagai sineas yang kerap menyutradarai film independen. Sementara ibunya, Elsie Ford, adalah seorang aktris. 


Dibesarkan di dunia film membuat Robert menjadi jatuh cinta. Dia kemudian memulai debutnya di dunia akting dalam film "Pound" (1970) yang disutradarai oleh ayahnya. Kala itu, Robert masih berusia lima tahun. 



Beranjak remaja, Robert yang serius untuk meniti karir sebagai seorang aktor memilih untuk bersekolah di Stagedoor Manor Performing Arts Training Center di New York. Tak lama setelah perceraian orang tuanya di tahun 1978, Robert pindah ke California dan tinggal bersama ayahnya. Saat di California, Robert sempat menempuh pendidikan di Santa Monica High School tetapi kemudian keluar dan kembali ke New York untuk mengejar impiannya sebagai seorang aktor. 



Masa-masa muda Robert merupakan masa yang penuh perjuangan. Saat berusia 20 tahun, Robert mendapat peran untuk bermain di acara televisi, "Saturday Night Live" (SNL). Namun, setahun setelah terpilih, Robert dipecat demi menyelamatkan acara yang waktu itu mendapat rating terendah versi Nielsen dan dikritik karena menampilkan karakter pemain yang biasa-biasa saja. Kegagalannya itu tidak mengurungkan niatnya untuk menjadi aktor. Dia pun mencoba peruntungannya di beberapa film, seperti "Tuff Turf" (1985), "Chances Are" (1989) dan film yang juga dibintangi sahabat karibnya, Mel Gibson, "Air America" (1990). 



Tahun 1992, nama Robert semakin dikenal usai berperan sebagai Charlie Chaplin di film "Chaplin" (1992). Untuk perannya itu, Robert melakukan berbagai persiapan khusus seperti belajar bermain biola dan tenis. Dia bahkan memiliki pelatih pribadi yang membantunya membentuk postur tubuh sekaligus gaya mirip Charlie Chaplin. 



Berkat kerja kerasnya di film "Chaplin", dia berhasil meraih nominasi pertamanya lewat penghargaan Oscar untuk kategori Best Actor. Sayangnya Robert dikalahkan oleh aktor Al Pacino lewat perannya di film "Scent of a Woman" (1992). Sukses sebagai Charlie, Robert mulai mendapat banyak tawaran untuk bermain film Hollywood, seperti "Heart and Souls" (1993), "Only You", "Natural Born Killers" dan "Richard III". 



Tentu saja ketenaran di masa muda tidak langsung membuat Robert menjadi sukses. Bahkan Robert justru terjerumus dan menjadi pecandu obat-obatan terlarang. Antara tahun 1996 hingga 2001, Robert berkali-kali ditangkap dan menjalani rehabilitasi. Tak lama setelah itu, Robert pun mengungkapkan sisi gelapnya bahwa dia telah menjadi pencandu sejak berusia delapan tahun. Robert menambahkan kalau ayahnyalah yang pertama kali memberikan obat-obatan tersebut karena ayahnya juga seorang pecandu. 



Tak hanya ditangkap karena kepemilikan heroin dan kokain, dia juga ditangkap karena memiliki senjata ilegal. Robert bahkan berkali-kali keluar masuk penjara akibat ulahnya itu. Akibat dari perbuatannya, karir Robert sebagai aktor pun terancam. Meski demikian Robert masih menyempatkan diri untuk tampil di beberapa episode serial televisi "Ally McBeal" (2000-2002). 



Tahun 2001, Robert yang mulai lelah menjalani hidupnya yang penuh masalah itu bertekad untuk berubah dan lebih serius menjalani rehabilitasi. Kembalinya Robert ke dunia hiburan ditandai dengan penampilannya di video musik single Elton John,"I Want Love". Sutradara video musik tersebut, Sam Taylor-Wood, memuji penampilannya yang terlihat lebih santai dan segar. Namun, kembali bekerja tak semudah seperti membalikkan tangan. Beberapa studio besar enggan memberinya tawaran karena khawatir dengan kebiasaan buruk Robert. 



Akhirnya, berkat bantuan sahabat karibnya Mel, Robert berhasil mendapatkan peran di mini seri TV "The Singing Detective" (2003). Bahkan Mel bersedia menjadi penjamin apabila Robert melanggar kontrak. Berkat penampilannya di film tersebut, para produser studio Hollywood mulai percaya bahwa dia telah berubah dan memberinya tawaran untuk bermain di film-film besar, seperti "Gothika", "Kiss Kiss Bang Bang" dan "Iron Man". 



Usai keberhasilannya memerankan karakter Tony Stark/Iron Man di "Iron Man", nama Robert sebagai aktor semakin melambung dan membuatnya berhasil mendapatkan peran utama di beberapa film box office, yakni "The Soloist", "Sherlock Holmes" dan "Iron Man 2". Downey juga termasuk aktor yang membuat film "The Avengers" terkenal.

Sumber : www.wowkeren.com
Read more ...